Kategori

September 23, 2022

SERU BERITA

Suara Rakyat

RI Larang Keras Ekspor CPO Cs, Pengusaha: Itu Gila

2 min read

SeruBerita – Pemerintah Indonesia melarang semua ekspor minyak goreng dan bahan baku minyak goreng. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan minyak sawit mentah (CPO), RPO, RBD Palm Olein, POME dan minyak goreng bekas terkena larangan tersebut.

Pengusaha global di industri kelapa sawit mengaku terkejut dengan hal ini. Pengusaha yang tidak mau disebutkan namanya itu mengatakan, hal itu akan menjadi penghambat pasokan minyak nabati selama bulan Mei ini.

Seorang pedagang global di New Delhi mengatakan, “Ini gila. Kami menghadapi kebijakan ini secara langsung di Indonesia. Harga semua minyak nabati akan naik. Akan sangat sulit untuk mengamankan pasokan minyak nabati untuk India pada Mei. .” “Katanya. Reuters melaporkan pada Kamis, 28 April 2022.

Pengusaha lain berharap kebijakan pemerintah Indonesia ini hanya bertahan sebentar. Semoga ini tidak merugikan industri sawit.

Seorang pejabat dari industri kelapa sawit mengatakan, “Langkah-langkah ketat untuk mengendalikan harga diharapkan menghasilkan efek yang diinginkan dalam jangka pendek tanpa merugikan industri.”

Saat ini, pasar minyak sawit internasional sedang tidak stabil. Harga minyak kedelai berjangka AS segera melonjak 4%. Lompatan itu menjadi rekor. Dikutip dari Reuters Agency pada Kamis, 28 April 2022.

Sejak itu, kontrak berjangka minyak sawit di Bursa Efek Malaysia telah meningkat 9,8%. Hal ini merupakan respon dari pelaku pasar yang khawatir akan kesulitan untuk mendapatkan produk kelapa sawit di Indonesia.

Sebagai informasi, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan larangan ekspor CPO akan mulai berlaku pada 28 April 2022 pukul 00:00 WIB. Larangan itu akan tetap berlaku hingga harga minyak goreng curah turun menjadi Rp 14.000 per liter.

“Larangan ini dirinci sesuai dengan keputusan Presiden tentang hal ini dan dengan mempertimbangkan opini dan reaksi publik. yaitu CPO, RPO, RBD Palm Olein, POME atau minyak goreng bekas.”

“Akan berlaku pukul 00.00 WIB malam ini, karena sesuai dengan apa yang dikatakan Presiden akan mulai berlaku pada tanggal 28,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.